Wednesday 17th April 2024

Musyda ‘Aisyiyah Klaten Untuk Wujudkan Perempuan Berkemajuan

KLATEN (angkasanews.id) – Musyawarah Daerah (Musyda) Aisyiyah Klaten ke XIV yang mengambil tema *Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa* akan dilaksanakan tanggal 30 Juli 2023 di komplek perguruan Muhammadiyah Prambanan.

Musyda merupakan mandat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bahwa setelah dilaksanakan Muktamar, maka Pimpinan Wilayah menyelenggarakan Musywil dan pimpinan Daerah melaksanakan Musyda.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Daerah (PD) ‘Aisyiyah Klaten Hj.Siti Komariyah usai melakukan peninjauan lokasi Musyda di komplek perguruan Muhammadiyah Prambanan Klaten, Ahad (23/7/2023 ).

Musyda sendiri menurut Komariyah merupakan musyawarah tertinggi di tingkat Daerah. “Musyda merupakan mandat organisasi untuk menjaga keberlangsungan atau sustainability kepemimpinan dan organisasi,” terangnya.

Dijelaskan mengenai kegiatan apa saja yang dilangsungkan dalam Musyda, Komariyah menyebutkan bahwa ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan.

“Pertama, laporan tanggung jawab atau pelaksanaan program kerja, kefua menyusun program kerja untuk lima tahun mendatang, ketiga menetapkan calon pimpinan, dan keempat merumuskan isu-isu strategi dan menyusun rekomendasi untuk para pihak,” katanya.

Komariyah mengatakan PD ‘Aisyiyah Klaten telah bersiap melaksankan Musyda pada tanggal 30 Juli 2023 mendatang untuk mewujudkan Perempuan berkemajuan.

Periode Muktamar ke 48 tahun ini ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah Klaten melaksanakan Musyda di Cabang Prambanan.

Panitia Musyda Muhammadiyah seksi kemeriahan Sukardi menjelaskan bahwa Musyda kali ini disemarakkan dengan berbagai kegiatan antara lain Jalan Sehat dan Senam semarak Musyda diikuti 1.750 oleh PDA Majelis Dikdasmen, Kesehatan, Ekonomi dan Lembaga Kebudayaan dan LLHPB Klaten tanggal 8 Juli 2023, Karnaval Muhammadiyah- Aisyiyah dari Masjid Agung Al-Aqsha menuju Masjid Raya Klaten tanggal 25 Juli 2023 , Seminar Managemen Masjid , Lomba Kreasi Video Theme Song Musyda oleh PDM Majelis Pustaka dan Informasi, Pawai Ta’aruf Lembaga Pendidikan Aisyiyah se Kabupaten Klaten di tempat masing-masing dengan melibatkan semua siswa dan wali murid tanggal 26 Juli 2023, Pawai Ta’aruf di lokasi Musyda Prambanan yang diikuti sebanyak 3000 peserta, Bazar dan Ekspo potensi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang diikuti 25 Stand pada tanggal 29 Juli 2023 di lapangan Desa Tlogo Prambanan serta Talent Show tanggal 29 Juli 2023 malam di lapangan Kridabuwana Tlogo Prambanan.

Untuk kebersihan di lokasi Musyda telah ada panitia khusus melalui GNPS (Gerakan Nasional Peduli Sampah) terdiri dari Hizbul Wathan dan Tapak Suci yang mengelola sampah di sekitar arena Musyda.

Sekertaris PDA Klaten Nunuk Wuryan Hidayati menyampaikan bahwa salah satu agenda yang ada di dalam Musyda, yakni penyusunan program kerja Muktamar ke-48 yang telah menghasilkan dokumen, salah satunya program kerja yang sudah ditanfidzkan yakni program umum dan program bidang, Risalah Perempuan Berkemajuan (RPB), dan soal isu strategis.

“Program inilah yang kemudian menjadi acuan atau referensi PDA dalam menyusun program di daerah masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan ‘Aisyiyah menangkap isu-isu strategis dan permasalahan yang ada di daerah sehingga program kerja yang sudah disusun oleh Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah dapat dikontekstualisasikan sesuai masalah yang ada di daerah masing-masing termasuk Klaten.

“Dengan demikian diharapkan gerak ‘Aisyiyah di setiap daerah dapat menjawab tantangan atau permasalahan yang ada yang tentunya berbeda di setiap daerah.” katanya.

Dikatakan terkait isu-Isu Strategis yang sudah ditetapkan dalam Muktamar ke-48. Isu strategis disebut adalah isu yang harus menjadi perhatian banyak pihak termasuk ‘Aisyiyah.

“Kita pimpinan Daerah dapat melihat secara jeli isu-isu apa saja yang menjadi prioritas untuk bisa disampaikan kepada para pihak untuk penanganan lebihlanjut.” pungkasnya. ( *Moch.Isnaeni* )

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.