Wednesday 17th April 2024

Ratusan Siswa TK Mengikuti Manasik Haji untuk Mengenalkan Ibadah Haji Sejak Dini

KLATEN (angkasanews.id) —- Untuk meningkatkan ketakwaan anak dan memberikan pembelajaran tentang tata cara melaksanakan ibadah haji sejak dini, Persatuan Guru Taman Kanak-Kanak Pertiwi (PGTKP) Kecamatan Kecamatan Bayat Klaten Jawa Tengah, Sabtu (9/12/2023) menggelar kegiatan Manasik haji bagi anak TK yang dipusatkan di Joglo Tumiyono Ngerangan Bayat Klaten.

Ratusan anak-anak TK Pertiwi tersebut nampak sumringah dan antusias berbalut pakaian ikhram mengikuti kegiatan manasik haji.

Manasik haji ini dipandu oleh pembimbing Manasik Haji Profesional yang sudah bersertifikat yaitu Azib Triyanto. Ia juga merupakan  pendiri yayasan jamaah haji kecamatan Bayat dan pernah menjadi ketua Angkatan Haji Muda Klaten (AMHI) dan Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia baik di tingkat Daerah maupun Cabang.

Parjiyati selaku ketua panitia dan juga pengurus PGTKP Kecamatan Bayat mengatakan kegiatan peragaan manasik haji diikuti oleh 21 lembaga TK Pertiwi yang ada di kecamatan Bayat sebanyak 700 siswa mengikutinya.

“visi misi kita yaitu menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sedini mungkin terhadap diri anak, sebagai ajang saling mengenal dan sosialisasi mengenalkan TK Pertiwi kepada masyarakat yang dianggap sebagai masyarakat TK Pertiwi hanya mengajarkan pelajaran yang bersifat umum”,kata Parjiyati yang juga sebagai guru TK Pertiwi Tawangrejo, Kecamatan Bayat.

Azib mengungkapkan, Manasik haji ini sangat bagus dan mengapresiasi guna memberikan pengetahuan kepada anak tentang istilah/hal-hal yang baik, memberikan kesan yang menyenangkan kepada diri anak tentang pelaksanaan ibadah haji sehingga anak termotivasi untuk dapat menunaikan ibadah haji kelak jika ia dewasa.

“Kegiatan seperti ini juga dapat menumbuhkan perasaan senang dan bangga pada diri anak karena dapat memakai pakaian ihram serta dapat melihat dan mengelilingi Ka’bah”,ungkapnya.

Dalam membimbing dan memandu para peserta manasik, Azib juga menjelaskan terkait prosesi tahapan tahapan dalam ibadah haji dan menjelaskan istilah-istilah dalam haji dengan gaya yang santai dan terkadang lucu menambah semangat anak-anak untuk mendengar dan mengikutinya.

“Diharapkan acara semacam ini menjadi kegiatan tahunan guna memperkenalkan sedini mungkin tentang ibadah haji karena hal ini juga bisa memberikan image yang baik bagi lembaga atau TK Pertiwi Se-Kecamatan Bayat”,pungkasnya.

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.