Wednesday 17th April 2024

Manasik Haji Usia Dini SDMPK Bayat, Kenalkan tentang Rukun Islam Kelima

KLATEN (angkasanews.id) —- Siswa-siswi SD Muhammadiyah Program Khusus (SDMPK) Bayat Klaten Jawa Tengah, tahun ini “Naik Haji”. Ratusan siswa SD ini mengenakan seragam Ihram dengan berlari-lari kecil mengelilingi Ka’bah sambil mengucapkan doa “Labaikallahuma Labaik”.

Kegiatan manasik haji yang digelar di lapangan Desa Wiro Kecamatan Bayat Senin (18/12/2023), yang mana di kawasan ini terdapat miniatur Ka’bah dengan dipandu oleh Pembimbing Haji Bersertifikat Profesional, Azib Triyanto beserta tim Arafah maupun IPHI Bayat.

Kepala sekolah SDMPK Bayat, Leli Wahyuningsih, mengatakan manasik haji diikuti sebanyak 332 siswa mulai kelas 1 hingga 6 beserta para tenaga pendidik.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk  mengenalkan rukun islam yang ke lima kepada anak sejak usia dini, meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peserta didik terhadap ibadah haji serta memotivasi anak untuk menyempurnakan rukun Islam. Selain itu anak-anak juga dapat mengetahui bagaimana perjuangan Nabi Ibrahim dan Istrinya Siti Hajar,”ujarnya.

Sementara itu pembimbing manasik haji, Azib Triyanto menyampaikan seperti Manasik Haji pada umumnya, siswa siswi yang hadir diajarkan dan mempraktekkan pelaksanaan ibadah haji, meliputi melakukan Ihram, wukuf di Arafah, thawaf (mengelilingi kakbah tujuh kali), sa’i (berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali), Mabit di Muzdhalifah, melempar jumroh lalu melaksanakan tahalul atau mencukur rambut.

Ia berharap dengan manasik haji ini, siswa dapat merasakan bagaimana rangkaian haji secara langsung, dan semoga SD MPK Bayat dapat melaksanakan manasik haji secara rutin.”Semoga keluarga besar SD MPK Bayat dapat menjadi tamu Allah Swt. di Tanah Suci nanti. Aamiin,”pungkasnya.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.