Wednesday 17th April 2024

Serunya Grebeg Pasar Masaran Cawas di Bulan Suro, Ini Makna di Baliknya

Klaten (angkasanews.id) — Sejumlah pedagang di Pasar Masaran, Kecamatan Cawas yang tergabung dalam Paguyuban Warung Bengi (Wangi) mengadakan tradisi grebeg pasar, Sabtu (5/8/2023) sore. Tradisi itu rutin digelar setiap tahun sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Esa atas rejeki yang telah diberikan.

Meskipun sempat terhenti karena pandemi covid-19, kegiatan ini merupakan yang kedelapan sekaligus peringatan yang ke 10 paguyuban yang dinahkodai oleh Riyanto tersebut.

Tradisi ini diadakan di sepanjang jalan area Pasar Masaran. Dalam tradisi kali ini, para pedagang melakukan arak-arakan gunungan hasil bumi sejauh kurang lebih 2 kilometer dengan start – finsih depan panggung kehormatan pasar Masaran Cawas.

Tak hanya itu, selama perjalanan, para peserta juga menampilkan sejumlah kesenian tradisional seperti reog, marching band, kesenian tradisional lainnya.

Ketua panitia, Triyanto Atmodjo mengatakan pelaksanaan grebeg pasar tahun ini dilaksanakan lagi meskipun sempat tertunda karena pandemi covid-19 beberapa waktu lalu, ini merupakan kolaborasi antara Paguyuban Wangi dengan pemerintah setempat.

“Pedagang Wangi setiap malam iuran Rp 2 ribu dan setiap Suro dalam penanggalan Jawa diadakannya grebeg pasar ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT,”ujarnya.

Lanjutnya grebeg pasar ini diikuti oleh 100 peserta dengan membawa 70 tumpengan serta tercatat ada 8 gunungan hasil bumi. Ia berharap kedepannya grebeg pasar tetap terlaksana,serta pedagang agar senantiasa diberikan rejeki yang berlimpah dan barokah.

Sebelum diperebutkan oleh warga dilakukan pembacaan doa untuk mensyukuri gunungan yang ada.

Setelah doa selesai, para warga antusias saling berebut gunungan yang telah disediakan.

Gunungan sendiri terdiri dari beberapa macam isi, ada yang berupa hasil bumi seperti sayur-mayur, bermacam buah, dan juga jajanan pasar.

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.