Wednesday 17th April 2024

Rahmad Handoyo Komisi IX DPR RI Promosikan KIE Pencegahan Stunting

KLATEN (angkasanews.id) —- Anggota komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo bersama BKKBN Perwakilan Jawa Tengah memberikan edukasi kepada warga tentang bahaya stunting bagi kualitas generasi bangsa. Kegiatan ini dikemasnya dalam sosialisasi Promosi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program Percepatan Penurunan Stunting Sabtu pagi (16/9/2023) di gedung serbaguna Desa Puluhan Kecamatan Trucuk Klaten.

Legislator asal Fraksi PDI-P ini menuturkan bahwa kesadaran dan peran aktif masyarakat menjadi kunci penting penanganan dan pencegahan stunting di masyarakat. Pun dengan kolaborasi berbagai institusi, menjadi prasyarat utama dalam percepatan penurunan stunting.

Dia mengatakan kolaborasi bersama BKKBN diharapkan dapat menjadi upaya percepatan penurunan stunting, khususnya di Kota Bersinar, sehingga target zero stunting dapat diwujudkan bersama.

“Perangi stunting di 1000 hari pertama kehidupan, dimulai sejak 0 tahun dalam kandungan hingga anak nanti usia 2 tahun. Stunting itu pendek. Kalo pendek belum tentu stunting. Maka perlu diperhatikan serius mulai dari asupan makanan sehari-hari dan pola hidup sehat,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan, Perlindungan perempuan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Much Nashir yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas dukungan Komisi IX DPR RI sebagai mitra strategis BKKBN dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Menurut dia, pencegahan stunting sebenarnya tidak sulit karena dapat dilakukan dengan cara tidak hamil terlalu tua, tidak hamil terlalu muda, tidak hamil terlalu dekat, dan tidak hamil terlalu banyak.

Tak hanya itu, para calon pengantin wanita dan pria sebelum melangsungkan pernikahan 3 bulan sebelumnya untuk memeriksa kondisi kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendeteksi dini kesehatannya. Apabila ada gejala yang muncul nantinya akan ada pendamping dari kader kesehatan setempat.

Dia berharap kegiatan itu mampu memberikan informasi kepada seluruh pihak yang hadir tentang Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, sehingga dapat bersama-sama mencegah terjadinya stunting dalam keluarga.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.