Wednesday 17th April 2024

Desa Urut Sewu Gelar Bazar UMKM, Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Wilayah Lereng Gunung Merbabu

Boyolali (angkasanews.id) —- Guna meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan, puluhan peserta UMKM tingkat rukun tetangga (RT) di Desa Urut Sewu, Kecamatan Ampel, Boyolali menggelar bazar ditengah perkampungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Yulius Bagus Triyanto mengatakan, sampai saat ini pemerintah kabupaten Boyolali terus mendorong UMKM di setiap desa, sehingga perekonomian desa akan berkembang.

“Selama ini Pemkab Boyolali terus mendorong UMKM yang berada di setiap desa. Sebab, dengan adanya UMKM tersebut perekonomian desa akan berkembang,”katanya kepada sejumlah wartawan, Jumat siang (6/10/2023).

Menurutnya, dengan adanya UMKM ini tentunya perputaran keuangan tingkat desa akan lebih baik. Namun, potensi UMKM yang berada di setiap desa tersebut tidak dimunculkan oleh pemerintah desa.

“Seharusnya UMKM yang berada di setiap desa itu dimunculkan, kalau dimunculkan sebenarnya akan meningkatkan ekonomi desa serta menjadi perputaran uang di desa. Tapi pemdes itu tidak mau memunculkannya,”kata dia.

Yulius meminta, UMKM di desa Urut Sewu tersebut dibuatkan sebuah katalog, kemudian UMKM yang berada di tingkat RT ini nantinya dibantu pemasarannya oleh pemdes. Sebab, sekarang ini eranya digital, sehingga akan memudahkan para pemasaran UMKM.

“Jadi sekarang ini eranya digital, nanti UMKM ini dibuatkan katalog dan desa membantu pemasarannya. Lewat media sosial,”jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Urut Sewu Sri Haryanto mengungkapkan, kegiatan bazar ini untuk mengangkat produk UMKM disetiap RT yang berada di desa Urut Sewu. Bahkan, stand yang disediakan panitia tidak mencukupi, sehingga mereka mendirikan diluar tenda.

“Produk UMKM yang dipasarkan berbagai kerajinan tangan, olahan kripik, sayur organic dan masih banyak yang lainnya. Semua ini hasil produk UMKM desa Urut Sewu,”kata dia.

Ia berharap, UMKM Desa Urut Sewu terus berkembang dan meningkat. Lanjut dia, UMKM ini nantinya akan dibuat katalog kemudian dipasarkan melalui medsos desa, sehingga produk UMKM di kenal masyarakat luas.

“Nantinya UMKM ini kami pasarkan melalui IG desa Urut Sewu, jadi produk nya akan dikenal oleh masyarakat luas. Kalau sudah begitu ekonomi masyarakat akan meningkat,”pungkasnya.(ist*)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.