Wednesday 17th April 2024

Legislator Kadarwati Peringati Hari Pahlawan lewat Pentas Wayang Kulit Wahyu Katentreman

KLATEN (angkasanews.id) —- Pahlawan yang gigih melawan penjajah di Republik Indonesia ini patut kita mengenang jasanya, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kadarwati bersama Pemerintah Desa Jetiswetan Kecamatan Pedan Klaten menyelenggarakan pentas wayang kulit dengan cerita Wahyu Katentreman.

Pentas seni budaya tersebut dipusatkan di alun-alun simpang lima Jetiswetan pada Jum’at (18/11/2023) dengan dhalang Ki Jatmiko Anom Saputro.

Menurut Kadarwati, pentas seni wayang kulit dapat membangkitkan semangat nguri-uri budaya adiluhung peninggalan sejarah.  Dengan pementasan wayang kulit ini selain untuk menghibur masyarakat, melestarikan budaya bangsa, juga menggerakkan roda perekonomian karena warga bisa ikut berjualan di sekitar lokasi acara.

Anggota Komisi B DPRD Jateng tersebut mengatakan lakon tersebut dipilih karena menjadi hal penting untuk disampaikan, bahwa nilai-nilai kepahlawanan sangat penting untuk digelorakan kini.

Legislator asal F-PDIP berpesan kepada generasi penerus untuk selalu mengenang dan tidak melupakan sejarah (Jasmerah), Indonesia menjadi bangsa yang besar karena selalu menghargai jasa para pahlawannya. Yang dipetik dari kegiatan ini, kata dia, adalah semangat kebangsaan dari hati nurani yang dalam demi kesatuan dan persatuan, maju dan makmur bersama rakyat.

Kepala Desa (Kades) Jetiswetan, Agus Sunarto menjelaskan dalam tokoh wayang kulit ini mempunyai filosofi kemakmuran dengan harapan masyarakat bisa sejahtera, ayem tentrem. Ia juga berharap dengan pertunjukkan wayang kulit ini bisa mampu menghibur masyarakat sebagai tontonan. Selain itu, apa yang disampaikan bisa menjadi tuntunan.

Agus juga mengapresiasi animo masyarakat untuk berkunjung ke stan UMKM yang tersedia. Sebab, menurut dia, pertunjukkan wayang kulit ini yang secara tidak langsung berdampak pada perekonomian warga sekitar mampu mendukung penguatan sektor ekonomi masyarakat sekitar.

Sebab, lanjut dia, sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Oleh sebab itu, dengan peran dan upaya untuk menciptakan ekosistem yang baik, hal ini mampu membuat sektor UMKM dapat tumbuh dan berkembang.

Hingga saat ini, pihak pemerintah desa (Pemdes) Jetis Wetan berupaya dan mendukung semua gagasan dan ide yang dicanangkan oleh pelaku UMKM. Pemdes juga berperan memfasilitasi sektor UMKM, baik dari jejaring hingga fasilitas tempat jualan.

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.