Wednesday 17th April 2024

Sukses Lakukan Renovasi dan Perluasan, Masjid Jami’ Karangdowo Gelar Tasyakuran

KLATEN (angkasanews.id) —– Masjid Al Jami’ Karangdowo menggelar rangkaian acara tasyakuran yang mengundang antusiasme besar dari warga. Keempat event tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023, dan Ahad, 26 November 2023.

Pertama, pada hari Sabtu, 25 November 2023, dimulai pukul 09.00 WIB, masjid ini menggelar kajian dengan pembicara utama Ustadz Nanang Syaifurrozi, pendiri Real Masjid 2.0 Yogyakarta. Kajian ini berhasil menghadirkan wawasan keagamaan yang mendalam bagi para peserta.
Kedua, pada pukul 17.30 – 18.45 WIB, dilaksanakan shalat Maghrib berjamaah diikuti gelar pasar bahagia yang menyajikan beragam produk lokal.

Warga bisa menikmati suasana kebersamaan sambil beribadah dan berbelanja di sekitar masjid.
Ketiga, pada pukul 18.45 – 21.00 WIB, dilanjutkan dengan shalat Isya’ berjamaah dan pengajian dengan pembicara Ustadz Kusnadi Ikhwani dari pengurus Masjid Raya Al Falah Sragen. Tema kajiannya mengangkat topik penting tentang manajemen masjid, memberikan pemahaman mendalam kepada jamaah.

Terakhir, pada Ahad, 26 November 2023, digelar kegiatan pengecekan dan pengobatan gratis. Kegiatan ini melibatkan jamaah masjid Al Jami’ dan masyarakat umum. Ini merupakan wujud nyata kepedulian masjid terhadap kesehatan warga sekitar.

Eko Zainuri, salah satu panitia acara, menyampaikan bahwa respon masyarakat terhadap kegiatan tersebut sangat positif. Masyarakat merasa bersyukur dan bangga melihat transformasi masjid yang semula sederhana menjadi megah, bahkan dengan tambahan lantai dua.

“Masyarakat sangat senang melihat masjid ini lebih dari sekadar tempat beribadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi warga sekitar,” ujar Eko.

Tidak hanya itu, Eko juga mengungkapkan bahwa total biaya renovasi masjid ternyata lebih kecil dari perkiraan awal. Dari dana rencana awal sekitar 2,4 milyar, akhirnya, proyek renovasi berhasil diselesaikan dengan anggaran sekitar 1,7 milyar.

Tasyakuran yang digelar oleh Masjid Al Jami’ tidak hanya menjadi momen keagamaan tetapi juga perayaan kebersamaan dan kemajuan. Semua acara yang dilaksanakan berhasil menyatukan masyarakat dalam kegembiraan dan rasa syukur.

Manajemen masjid yang baik dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan dan pengembangan diri. Ini melibatkan kajian, seminar, dan pelatihan yang dapat meningkat-kan pemahaman keagamaan dan keilmuan jamaah. Sebuah masjid yang dikelola de-ngan baik menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat sekitar.

Masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan sosial dan kemanusiaan. Manajemen masjid efektif dapat memfasilitasi berbagai kegiatan. 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.