Wednesday 17th April 2024

Pemilihan RW-RT Serasa Pemilu di RW 05 Desa Barepan, Ada Doorprize bagi Pemilih

KLATEN (angkasanews.id) —- Pemilihan umum (Pemilu) baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) masih 2024. Namun nuansa hari pencoblosan sudah terasa di dukuh Gebang RW 05 Desa Barepan Kecamatan Cawas Klaten.

Mereka menentukan pemimpinnya di tingkat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga. Pemilihan tersebut digelar layaknya pemilihan umum yang di balai pertemuan kampung setempat, Minggu (3/12/2023).

Tempat itu disulap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ratusan warga setempat secara bergantian datang ke TPS. Ada bilik suara, ada kotak suara, papan plano semacam C1 untuk perhitungan suara hingga tinta yang menunjukkan bahwa warga telah memilih. Pemilihan dimulai dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB dilanjutkan penghitungan suara. Panitia pun juga menyediakan sejumlah doorprize menarik untuk warga yang datang menggunakan hak pilihnya.

Ketua Suparjan menjelaskan bahwa kegiatan pemilihan RW/RT ini didasarkan pada musyawarah warga tanggal  30 Oktober 2023 dan itu yang menjadikan dasar dari panitia, untuk bekerja menyusun tahapan didalam pelaksanaan pemilihan.

” Momen ini dijadikan ajang bersama belajar  demokrasi yang baik tanpa money politik, dan janji-janji. Warga  sangat antusias untuk mengikuti pemilihan RW RT ini,”ujarnya.

Ia mengharapkan dengan pemilihan tersebut bisa menjadi pemantik semangat dan contoh bagi desa lain untuk memilih seorang ketua RT dan RW dengan cara pemilihan langsung.

“Pemilihan langsung sebagai wujud demokrasi berdampak positif bagi generasi penerus, sebagai bentuk kerukunan, sifat gotong royong dalam persiapan, pelaksanaan sampai perhitungan suara. Yang jelas akan terpilih seorang ketua RT dan RW yang memang benar-benar diharapkan oleh warga masyarakatnya,”ujarnya.

 

Data yang dihimpun, pada pemilihan RW/RT Dukuh Gebang yang terdaftar dalam DPT ada 258 orang. Dari daftar DPT itu ternyata yang hadir untuk memberikan suara sebanyak 209 orang (terdiri 95 laki-laki dan 114 perempuan), sehingga prosentase kehadiran 81% mengalami kenaikan sekitar 23% dari tahun 2019.

Pemilihan RW/RT tahun 2023 ini ada 3 calon ketua RW yaitu nomor 1 Sriman, nomor 2 Parman dan nomor 3 : Trimo. Dari pemilih yang hadir surat suara dinyatakan sah 203 atau 97,13% ini berarti pemilihan kali ini sangat sukses tidak banyak surat suara yang tidak sah hanya ada 6 surat suara tidak sah. Tidak sahnya surat suara diantaranya karena warga mencoblos ketiga calon, mencoblos diluar tanda gambar dan mencoblos dengan alat yang tidak disediakan panitia.

Rekapitulasi hasil pemilihan saat ini yaitu terpilih ketua RT 09 Joko Widodo 79 suara, ketua RT 10 Suparno 73 suara dan ketua RW Parman 131 suara.

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.