Wednesday 17th April 2024

PKUB Tingkat Kecamatan Terima Stimulan Rp 2,5 Juta Bina Kerukunan Umat Beragama

KLATEN (angkasanews.id) — Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di masing-masing Tingkat Kecamatan, di Kabupaten Klaten terima bantuan dana stimulan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten setiap Kecamatan Rp 2,5 juta rupiah yang penyerahannya dilakukan di Kantor FKUB komplek Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, Jumat (29/12/2023).

Ketua FKUB Kabupaten Klaten Syamsuddin Asyrofi mengatakan Pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di tingkat Kecamatan yang anggotanya berasal dari tokoh lintas agama guna mewujudkan kerukunan di masyarakat.

“Peran Tokoh lintas agama, Tokoh masyarakat dan penyuluh agama di Kecamatan dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama sangat penting,” ujarnya.

Menurut Syamsuddin Asyrofi, pembentukan FKUB selama ini baru dilakukan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota saja, sedangkan di tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan belum ada.

“Oleh karena itu, sangat tepat dibentuk paguyuban-paguyuban yang anggotanya atau pengurusnya dari tokoh lintas agama sehingga kalau ada gejala-gejala sosial yang kurang baik, maka para tokoh agama bisa berkomunikasi dan mencegah adanya konflik melalui wadah PKUB,” katanya lagi.

Dijelaskan bahwa di Klaten pembentukan PKUB telah selesai di 26 Kecamatan dan 401 Desa/Kelurahan untuk mewadahi seluruh elemen dan tokoh lintas agama yang ada di Kecamatan dan Desa/ Kelurahan yang ada di Klaten. Apapun bentuk permasalahan yang  muncul di tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan akan lebih mudah terdeteksi bila PKUB sudah terbentuk dan aktif melakukan kegiatan,” kata Syamsuddin.

Diharapkan dengan pembentukan PKUB tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan maka akan mampu meredam gejolak terkait dengan kerukunan antar umat beragama dan dapat mengatasi permasalahan ataupun memberikan informasi secara cepat dan tepat.

Penyerahan secara simbolis bantuan stimulan untuk PKUB Kecamatan masing-masing Rp 2,5 juta rupiah dari FKUB Kabupaten Klaten Jumat ( 29 /12/2023) dilakukan Syamsuddin Asyrofi didampingi wakil Ketua H.Basuno dan Sekertaris Moch.Isnaeni.

“Kalau PKUB tingkat Kecamatan terbentuk, maka permasalahan di tingkat Kecamatan bisa tertangani, minimal informasi itu bisa segera masuk , apalagi kalau PKUB telah terbentuk sampai di tingkat Desa/ Kelurahan Seperti halnya di Klaten,” jelasnya.

Selain itu, pembentukan PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan memang perlu dan sudah waktunya dalam menyikapi perkembangan situasi apalagi Kabupaten Klaten merupakan wilayah yang cukup luas dengan masyarakatnya yang majemuk.

Ketua PKUB Kecamatan Gantiwarno Rusdi Santosa menyambut baik dan menyampaikan terimakasih usai menerima bantua dan berharap ke depan dapat ditingkatkan.
” Kami sampaikan terima kasih bantuan dana stimulan ini untuk mendukung telah dibentuknya PKUB Tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan” katanya.

Ia berharap dengan dibentuknya PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan situasi kondusif dan kerukunan antarumat beragama dapat diwujudkan di masyarakat. ( *Moch. Isnaeni* )

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.