Wednesday 17th April 2024

Tarling di Masjid Sridjaja, Sri Mulyani Kulik Kenangan 35 Tahun Lalu

KLATEN (angkasanews.id) — Pemerintah Kabupaten Klaten pada Ramadan 1445 Hijriyah menyelenggarakan Sholat Tarawih Keliling (Tarling) putaran kelima di Masjid Besar Srijaja, Dukuh Kauman Desa Cawas, Kecamatan Cawas, Selasa (26/03/2024).

Diikuti oleh Forkopimda, Sekda Klaten, Asisten,Staf Ahli,Kepala OPD beserta istri, Camat, Kepala Sekolah, Pimpinan Organisasi Agama, Direktur BUMD, dan ASN di lingkungan Kabupaten Klaten.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Sri Mulyani mengaku senang bisa mengikuti sholat Tarawih di Masjid Besar Srijaja yang memiliki memori masa kecilnya.

Sri Mulyani juga mengapresiasi adanya bangunan Masjid Peninggalan Sunan Kalijaga yakni Masjid Besar Srijaja ini kondisi bangunannya masih terawat mulai dari bangunan hingga lantai Masjid.

“Dari saya kecil sampai sekarang kira-kira 35 tahun yang lalu terakhir kesini (di Masjid Besar Srijaja), kondisinya masih sama yakni adem (sejuk), makmur, dan tentunya terawat dengan baik,” kata Sri Mulyani.

Sementara Ketua Takmir Masjid Besar Sridjaja, Hazis Waskito menyampaikan terimakasih karena Masjid Besar Srijaja dijadikan lokasi Tarling Pemkab Klaten.

Hazis juga memaparkan sejarah Masjid Besar Srijaja yang hingga kini belum diketahui pasti kapan berdirinya rumah ibadah tersebut. “Jika menurut catatan di Keraton sudah tertulis 1840 sudah ada Masjid ini. Tetapi saat kita melakukan renovasi besar-besaran ditemukan ada prasasti berupa koin bertuliskan 1442, yang ditemukan di opak paling bawah. Sehingga kita belum bisa menyimpulkan,” terang Hazis.

Ia juga menjelaskan menurut cerita bahwa Masjid Besar Srijaja merupakan salah satu tempat atau jalur dakwah Sunan Kalijaga.

“Apabila kita tarik garis prasasti Masjid Besar Srijaja ini satu garis lurus dengan Masjid Sunan Kalijaga (Dukuh Sepi, Barepan) dan Mushola Dukuh. Sehingga Sunan Kalijaga bermaksud membangun Masjid Besar Srijaja ini guna menaungi Mushola yang ada disekitarnya,” katanya.

Pelaksanan Tarling Pemkab Klaten diawali dengan Sholat Isya’, Tarawih, dan Witir.

Kemudian juga disertai pemberian 25 bantuan sosial (Ramadan Berkah) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten, 10 bantuan Simpel Ayah Bank Klaten dan 10 mushaf Al Quran dari Bank Jateng.
Adapun Tarling diisi tausyiah dan ceramah oleh Achmad Aydi Sunani.

(ttr-kominfo/klt)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.