Wednesday 19th June 2024

Berikan Pemahaman Sejak dini, Ratusan Anak Ikuti Praktik Manasik Haji di Joglo Tumiyono

Posted by:

KLATEN (angkasanews.id) — Ratusan anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi (TKP) di wilayah Kecamatan Klaten Tengah dan Kalikotes Kabupaten Klaten, mengikuti Peragaan Manasik Haji Cilik, di Kompleks Joglo Tumiyono Ngerangan Bayat, Senin (20/5/2024).

Peragaan manasik haji Cilik ini kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh pengurus Persatuan Guru TK Pertiwi (PGTKP) Kecamatan Klaten Tengah dan Kalikotes Kabupaten Klaten.

Ketua Panitia Rochmah Wigunarti mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti sejumlah guru : 35 orang , dan peserta didik sejumlah : 340 anak dari 11 Lembaga TK Pertiwi yang ada di Kecamatan Klaten Tengah dan Kalikotes.

Pelaksanaan Peragaan Manasik Cilik ini Tujuannya ialah untuk menanamkan nilai – nilai islami sejak dini untuk mewujudkan anak Indonesia yang berakhlakul karimah.

“Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini, merupakan salah satu upaya dasar dalam rangka pembelajaran Rukun Islam yang ke-5. Yakni menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk bisa melaksanakan ibadah haji,” katanya.

Dengan peragaan manasik haji ini, dapat memotivasi anak – anak agar kelak bisa mewujudkan pergi haji yang sebenarnya.

 

Dalam kegiatan manasik haji Cilik ini menghadirkan seorang pemandu yang berkompeten di bidangnya yakni H. Azib Triyanto,S.T.,M.H. seorang pembimbing haji profesional yang sudah bersertifikat dari kementrian agama RI. Selain sebagai pembimbing haji bersertifikat Azib juga salah satu pendiri dan pembina yayasan jamaah haji Bayat dan sekretaris IPHI juga pernah menjadi ketua Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Kabupaten Klaten.

 

Azib mengatakan, antusias anak – anak sangat luar biasa dalam mengikuti manasik haji ini, meskipun panasnya sengatan mentari tak menyurutkan semangat ratusan anak untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.

 

“Antusias sangat luar biasa, baik anak – anak maupun para guru pendamping maupun wali murid sangat mendukung kegiatan ini. Mereka para wali murid berbondong – bondong mengantarkan putra putrinya untuk melaksanakan peragaan manasik haji ini,” 

 

Dalam manasik haji cilik itu, anak-anak memperagakan urut-urutan rangkaian ibadah haji. Bahkan mereka juga menggunakan pakaian layaknya orang berihram, berwarna putih-putih.

 

“Manasik haji ini dibagi dalam beberapa kloter, anak – anak juga melakukan niat untuk haji, wukuf di Arafah ,Mabit Musdalifah dan lempar jumrah atau lontar jumrah adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari ibadah haji serta Tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka’bah,” dilanjutkan sa’i pungkasnya.

 

Peragaan Manasik Haji selesai kemudian dilanjutkan penutupan oleh Camat Kalikotes beserta istri selaku ketua yayasan Dian dharma Kecamatan Kalikotes dan juga dihadiri oleh korwil pendidikan kecamatan Klaten Tengah dan Kalikotes.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.