Thursday 20th June 2024

Wisata Baru Di Klaten, Berkuliner Sambil Naik Kereta Lokamerta, Mumer Luur..

Posted by:

KLATEN (angkasanews.id) — Gebrakan baru dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tirtomarto Kecamatan Cawas Klaten dibawah nahkoda sang kepala desa, Agung Nugroho. Kali ini membuat wisata nan murah meriah yakni kereta Loka Merta dan kuliner tradisional.

Wisata Loka Merta , yang berlokasi di Dusun Jetis Desa Tirtomarto Cawas Klaten , menjadi daya tarik dengan tiket naik kereta hanya seharga 10 ribu rupiah per orang. Pengunjung dapat menikmati suasana alam di tengah sawah yang adem dan sejuk.

“Kereta wisata Loka Merta ini merupakan wisata murah meriah yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tirtomarto. Kereta ini memliki panjang lintas 150 meter, yang beroperasi di setiap hari , Senin Jumat pukul 09.00 hingga 18.00 dan Weekend pukul 07.00 hingga 18.00. pengunjung apabila akan naik kereta tersebut dikenakan tarif 10 ribu untuk dua kali putaran. Disini juga tersaji beragam jenis makanan tradisional yang dapat disantap bersama keluarga,”ujar Kepala Desa (Kades) Tirtomarto, Agung Nugroho saat grand opening Rabu 5 Juni 2024 di desa setempat.

Di dalam kawasan Loka Merta juga terdapat  warung yang menyajikan aneka minuman, gorengan, mie instan, dan kudapan lainnya. Selesai naik kereta pengunjung bisa bersantai di sana sambil menyantap hidangan. Ada pula kolam ikan bagi yang hobi memancing. 

Bak kereta sungguhan, kereta Loka Merta terdiri satu lokomotif dan empat gerbong yang dapat diisi oleh para penumpangnya.

Tiap gerbong dapat diduduki oleh tiga orang. Pengelola di sana menjamin bahwa kereta ini aman untuk ditumpangi. Jadi rangkaian Loka Merta Desa Tirtomarto ini mampu membawa 13 penumpang dalam 2 kali putaran.

Ditambahkan Agung Nugroho, lahan yang digunakan untuk wisata Loka Merta ini awalnya merupakan tanah tidak produktif. Kemudian Pemdes Tirtomarto menggali potensi dengan sejumlah stakeholder terkait dalam upaya mendongkrak pendapatan asli desa (PAD). 

“Tanah ini dulu awalnya untuk pemancingan, lambat laun pemancingan tidak berjalan optimal kemudian kami berinisiatif melakukan terobosan baru agar dapat menggenjot PAD desa Tirtomarto dengan membuka usaha wisata Loka Merta ini,”ujarnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada pagi atau sore hari. Berkunjung pada siang hari masih bisa dilakukan, namun tidak disarankan jika cuaca sedang panas.

Camat Cawas Moh Prihadi mengapresiasi inisiasi Kades menjadikan lahan tak produktif menjadi wisata dengan adanya Loka Merta ini. “Ini merupakan ide luar biasa karena sebelumnya lahan kosong digunakan untuk hal bermanfaat,” jelas Prihadi.

Menurutnya Loka Merta ini dapat menambah destinasi wisata di kecamatan Cawas. Selain itu juga terdapat beberapa destinasi wisata yang ada di Cawas seperti Green Village Mlese, wisata kuliner di alun-alun Barepan, wisata edukasi lurik Tlingsing dan lainnya.

Ia berharap dari situ akan tumbuh wisata yang menghidupkan UMKM wilayah sekitar.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.