Wednesday 17th April 2024

Dewan Kesenian Pentas Seni Bertajuk Ungkapan Suci

KLATEN (angkasanews.id) – Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten, Dewan Kesenian (Wankes) setempat menggelar pentas seni kolaborasi bertajuk Ungkapan Suci yang diadakan di Panggung Terbuka Gedung Sunan Pandanaran Kabupaten Klaten, Jumat malam, 28 Juli 2023. Pentas seni kolaborasi dari beberapa komite kesenian yang ada di Wankes Klaten dihadiri Ketua Umum Wankes Klaten, H Sunarna, SE, MHum.

Ketua Harian Wankes Klaten, Setyawan DS didampingi Sekretaris Umum Wankes Klaten, Djoko Sardjono menjelaskan, pentas seni yang diadakan Wankes Klaten untuk memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten antara lain dimeriahkan penampilan seni tari dengan judul Srikandi Sang Putri Mahawira yang ditarikan oleh Belva Beatrix, Eni dan Fani.

Kemudian, kata Setyawan, juga dimeriahkan musikalisasi puisi dengan tema Rawa Jombor dan Girpasang sebagai tujuan wisata Klaten karya Drs Danang Suseno, MHum yang dipentaskan mahasiswa Seni Budaya Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.

Selanjutnya pentas sronthul dengan cerita Mbangun Desa karya Davitri Utomo, SSn yang diperankan oleh Harya, Aji Birowo, David, Triyana, Heri Santoso, Gofur, Xyaenal Arifin, Sugimo, Pardiman dan Ipan.

salah satu karya seni rupa yang ditampilkan dalam gelaran malam ini.

Selain itu, kata Setyawan, pentas seni yang didanai dari dana hibah untuk Dewan Kesenian dari APBD Kabupaten Klaten tahun 2023 itu juga dimeriahkan penampilan Komite Sastra Jawa berupa Tembang dan Geguritan dengan judul Kidung Kamardikan dan Gurit Dirgahayu karya Lanjar Puryanto yang diperankan oleh Pakne Lenny, Limpung Setyawan, Bondet Sutopo, Dwi Rahardjo dan Luluk.

“Pentas seni memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten juga ditampilkan Seni Lukis dengan judul ungkapan suci yang dilakukan oleh para perupa Klaten antara lain Lilik Bambang Purnomo, Garu Setyono dan Lia,” ujar Setyawan seraya menyatakan, pentas seni Wankes Klaten dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-219 Klaten berjalan lancer serta mendapat sambutan luas dari masyarakat.

Ketua umum Wankes Klaten, Sunarna saat menyampaikan sambutan

 

Ketua Umum Wankes Klaten,Sunarna dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya pentas seni yang diadakan Wankes Klaten dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten. Pada kesempatan tersebut dengan HP-nya, Sunarna juga mengabadikan dengan memvideo para perupa saat melukis dengan judul ungkapan suci sebagai bentuk kecintaan kepada Kabupaten Klaten. (Paidi)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.