Wednesday 17th April 2024

Milenial Harus Terlibat Aktif dalam Pelestarian Budaya Bangsa

Klaten (angkasanews.id) — Pelestarian seni budaya merupakan tanggungjawab bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa, generasi milenial diajak dan diharapkan terlibat aktif dalam melestarikan serta membumikan budaya Indonesia.

Seperti halnya saat pentas seni reog yang digelar pada Rabu sore (29/11/2023) di lapangan Desa Bawak Kecamatan Cawas Klaten mayoritas para pemain merupakan generasi muda.  Dan hal itu mendapatkan apresiasi positif dari anggota DPRD Jawa Tengah Kadarwati yang hadir menyaksikan langsung kesenian yang berasal dari Jawa Timur tersebut.

Legislator asal Fraksi PDI-P dapil VII Jawa Tengah itu, mengatakan melestarikan budaya bukan hanya tugas tokoh budayawan, tetapi tugas seluruh elemen bangsa dan negara termasuk generasi milenial.

“Kami percaya bahwa dengan mengajak para kaum milenial mengenal budaya akan menimbulkan rasa cinta dan juga menjaga. Karena budaya ini harus kami lestarikan bersama sama agar tidak mati walau tergerus zaman,” lanjutnya.

Dengan adanya festival reog yang diadakan oleh Pemkab Klaten merupakan wujud melestarikan atau nguri-uri budaya adiluhung. Dengan pelibatan generasi muda sebagai pemain ini nanti akan menumbuhkan regenerasi pemain reog.

Pemain reog yang masih muda dan energik memukau dihadapan ratusan penonton.

 

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Bawak, Ponidi mengaku berterima kasih dengan festival reog yang diadakan oleh Pemkab Klaten. Seni reog asal Ponorogo ini untuk memberikan hiburan terhadap masyarakat. Selain sebagai hiburan, kesenian sebagai bentuk nguri uri seni dan budaya Jawa.

Dipilihnya kesenian reog, kata dia, karena kesenian tradisional jenis reog ini yang paling digemari masyarakat. Dengan adanya kesenian reog ini, terbukti antusias warga untuk melihat secara langsung cukup tinggi.

“Untuk pemainnya kali ini warga lokal, dan didominasi oleh anak muda, tentu saja ini sebagai sarana mengenalkan kesenian reog dan wujud melestarikan budaya agar tidak punah, serta nanti ada regenerasi”ujarnya.

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.