Wednesday 17th April 2024

Pemain Warga Lokal, Desa Kalikotes Bangkitkan Ketoprak Melalui Lakon Joko Umbaran

KLATEN (angkasanews.id) —- Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikotes Kecamatan Kalikotes Klaten berkomitmen untuk membangkitkan kembali seni ketoprak melalui pergelaran kesenian tersebut dengan lakon “Joko Umbaran” yang dimainkan oleh warga setempat.

Pergelaran ketoprak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI, HUT Kabupaten Klaten ke-219 digelar pada Jumat  (25/8/2023) dihalaman kantor desa Kalikotes. Pemeran tersebut melibatkan Kepala Desa (Kades) Kalikotes, Ponidi , Plt Camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih, warga setempat dan juga diambil warga luar Kalikotes.

Dalam pementasan ketoprak, Kepala Desa Kalikotes, Ponidi ikut berperan sebagai seorang begawan, guru dari Joko Umbaran. Sedangkan Plt.Camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih ikut berperan sebagai istri permaisuri Prabu Brawijaya.

Ditemui sebelum pertunjukan, Kepala Desa Kalikotes, Ponidi, mengatakan tujuan dari pergelaran ketoprak tersebut adalah sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan karena budaya itu warisan adiluhung yang perlu diperhatikan.

Dengan menggelar pentas kesenian tradisional ketoprak ini diharapkan generasi muda di desa Kalikotes mengenal seni budaya tradisional yang masih terjaga dan terpelihara, selanjutnya turut menjaga dan melestarikan kesenian ketoprak ini.

Suasana tampak meriah, para penonton turut berjubel di halaman kantor desa Kalikotes guna menyaksikan pertunjukan ketoprak ini. Geliat pelaku UMKM pun tak ketinggalan, mereka menjajakan dagangannya dipinggir jalan depan balai desa Kalikotes.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.