Wednesday 17th April 2024

Kadarwati DPRD Jateng Dukung Eksistensi Budaya Lokal Jawa

KLATEN (angkasanews.id) —-

Legislator asal F-PDIP Jawa Tengah Kadarwati terus berkomitmen melestarikan budaya Jawa, khususnya seni campursari.

Kali ini pada Kamis sore (18/1/2024) mengadakan pentas seni campursari di balai desa Ngolodono Kecamatan Karangdowo Klaten yang dihadiri oleh ratusan warga setempat.

Kegiatan itu bertajuk Semarak Budaya Jawa. Turut hadir pula Camat Karangdowo Tomisila Aditama, Kepala Desa Se Karangdowo serta tokoh masyarakat setempat.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil 7 itu menegaskan bahwa dirinya memiliki komitmen untuk turut melestarikan kesenian tradisional bersama masyarakat, salah satunya yakni melalui event-event pertunjukan sebagaimana yang dilaksanakan pada hari tersebut.

“Kesenian-kesenian ini wajib diuri-uri, dijaga kelestariannya, karena menjadi media kerukunan dan persatuan masyarakat desa. Selain itu, kesenian ini harus dirawat supaya tidak diakui bangsa asing,” ujarnya.

Menurut dia, budaya bangsa Indonesia merupakan jati diri sebagai bangsa yang multikultur dan juga bangsa yang besar.

Oleh karena itu jangan sampai budaya bangsa Indonesia diklaim atau punah. “Mari terus jaga budaya bangsa kita, rawat, dan lestarikan. Karena jati diri kita berada di ragam budaya yang bangsa kita miliki,” ujarnya.

Kadarwati mengatakan, upaya pelestarian seni budaya tradisional itu jangan hanya sebatas jargon saja. Tetapi harus ada aksi nyata untuk melestarikan seni budaya tradisional Indonesia itu.

”Upaya pelestarian seni budaya tradisional itu jangan hanya “jarkoni”, atau isoh ujar, ning ora isoh nglakoni. Tetapi harus ada aksi perbuatan nyata,” tandasnya.

Caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PDI Perjuangan ini menambahkan, dalam Tri Sakti yang diajarkan Bung Karno disebutkan, bangsa Indonesia harus berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang budaya.

“Nah, upaya pelestarian seni budaya tradisional ini sejalan dengan salah satu Tri Sakti yang diajarkan Bung Karno, yaitu berkepribadian di bidang budaya. Maka, apa yang telah diamanahkan oleh Bung Karno ini harus kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat,” pesannya.

 

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.